Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan kebijakan fiskal di dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja (APBN) 2024 dirancang sebagai shock absorber atau peredam untuk melindungi daya beli rakyat dan menjaga stabilitas ekonomi dari ancaman kenaikan harga pangan dan tekanan global.

Sri Mulyani mengungkapkan wujud kebijakan untuk mencapai tujuan ini adalah Perlindungan Sosial (Perlinsos).

“Tema dan arah kebijakan fiskal tersebut APBN 2024 dirancang sebagai shock absorber untuk lindungi daya beli rakyat dan jaga stabilitas eko antara lain melalui program Perlinsos,” tegas Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani dampak cuaca buruk dan El Nino di berbagai daerah di Indonesia telah mengancam ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan pertimbangan ini, pemerintah dan DPR menyepakati APBN 2024 dengan sikap optimistis dan tetap waspada.

Dalam jangka pendek, APBN 2024 juga fokus pada pengendalian inflasi untuk melakukan stabilisasi harga serta menghapus kemiskinan ekstrem dan menekan prevalensi stunting dan mendorong investasi.

Adapun, kebijakan fiskal tahun ini juga kebijakan fiskal tahun 2024 diarahkan untuk mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Anggaran Bansos Nyaris Rp500 T di 2024, Sri Mulyani Buka Suara


(haa/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *