Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pentingnya pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Tak sedikit negara di dunia alami krisis ekonomi, sosial hingga politik karena pengelolaan APBN yang buruk.

“Telah banyak contoh negara-negara yang mengalami krisis ekonomi, sosial dan bahkan politik akibat pengelolaan APBN¬†yang buruk,” ungkap Sri Mulyani dalam sidang MK, Jumat (5/4/2024)

Indonesia sendiri, kata Sri Mulyani mampu menjaga APBN dengan sehat. Meskipun seperti banyak negara lain, Indonesia juga baru pulih dari krisis akibat pandemi covid-19.

“Alhamdulillah Indonesia mampu jaga instrumen APBN tetap secara kredibel dan sehat. Ini prestasi yang harus terus dijaga,” ujarnya.

Salah satu bentuk pertanggungjawaban pemerintah, termasuk menjelaskan kepada publik mengenai masalah yang ramai diperdebatkan. Antara lain penyaluran bantuan sosial (bansos) saat Pemilihan Umum (pemilu).

“Kami sungguh bersyukur dan haturkan terima kasih untuk kesempatan beri keterangan di forum MK yang mulia ini,” terang Sri Mulyani.

“Forum di MK yang mulia ini kami percaya salah satu cara merawat nalar publik dengan menjelaskan dan diskusikan bagaimana APBN menjadi sarana gotong royong anak bangsa di mana yang mampu kontribusi lebih besar dan yang tidak mampu perlu dibantu melalui belanja publik termasuk subsidi bansos dan jaminan sosial negara hadir,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Sri Mulyani Sebut Kondisi APBN RI 2023 Lebih Resilien


(mij/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *