Jakarta, CNBC Indonesia – PT PLN (Persero) memastikan penggunaan mobil listrik untuk perjalanan mudik aman, karena ketersediaan SPKLU yang mumpuni di sepanjang jalan Trans Jawa dan Trans Sumatera. Hal ini disampaikan oleh Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto dalam Energy Corner CNBC Indonesia, Selasa (2/4/2024).

Saat ini di seluruh rest area Trans Jawa telah memiliki SPKLU, begitu juga dengan banyak titik di Trans Sumatera. Secara total ada 1.100 SPKLU yang tersebar di seluruh wilayah Indonesi.

“Khususnya perjalanan mudik kami siapkan di sepanjang tol di trans Jawa dan Sumatera, kita cek dahulu sehingga semua SPKLU yang ada telah siap. Ada 64 unit SPKLU di 28 lokasi rest area, dan kami sudah tambah lagi sebanyak 101 unit SPKLU,” ujarnya.

Untuk itu, menurutnya pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir akan ketersediaan SPKLU saat mudik. Dia juga mengharapkan semakin banyak kendaraan listrik yang digunakan untuk mudik tanpa perlu khawatir.

“Kami siapkan petugas yang standby di tempat tersebut. PLN Mobile juga bisa memudahkan untuk mencari SPKLU terdekat,” kata Adi.

Di aplikasi PLN Mobile, pengguna bisa melihat SPKLU dengan jarak terdekat dan juga melihat adanya antrian atau tidak. Dengan begitu, mereka bisa merencanakan perjalanan dan mencari SPKLU yang kosong.

“Digitalisasi ini sangat memudahkan pengguna kendaraan listrik. Untuk jarak bervariasi, yang penting semua rest area ada SPKLU, dan melalui PLN Mobile bisa melihat mana yang ready,” ujarnya

“Di Jawa sudah terpenuhi, di Sumatera belum semua rest area ada SPKLU tapi semua bisa dilihat di aplikasi PLN Mobile yang dibawa pengguna, dia bisa memperkirakan berapa kilometer jaraknya dan ketersediaan baterai,” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Mudik Asyik Bersama TASPEN 2024 Telah Dibuka, Ini Cara Daftarnya


(rah/rah)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *