Jakarta, CNBC Indonesia – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, meliputi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) segera dibuka. Salah satu formasi yang dibutuhkan dengan jumlah cukup besar adalah posisi penghulu dan penyuluh agama.

Demikianlah disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas usai bertemu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Senin (1/4/2024).

“Disiapkan ribuan formasi masing-masing untuk penyuluh agama dan penghulu. Juga ada ribuan formasi untuk dosen di kampus keagamaan, sebagai komitmen negara untuk terus mendukung pendidikan keagamaan,” kata Anas.

Posisi tersebut masuk dalam Kemenag. Total kebutuhan mencapai 110.553 CASN atau formasi terbesar sepanjang sejarah. Formasi tersebut terdiri atas 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK.

Posisi lain yang dibutuhkan adalah guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan negeri, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, dan penempatan di IKN.

Misalnya untuk guru madrasah, sekolah Kristen, dan sekolah Katolik, lanjut Anas, jumlah formasinya akan mencapai puluhan ribu, yang kini sedang didetilkan oleh Kemenag.

Anas memaparkan, berbagai formasi di lingkungan Kemenag memiliki peran penting dalam memberikan wawasan terkait program pembangunan yang dilakukan pemerintah. Sebagai contoh, pelibatan penyuluh agama dan penghulu untuk menjembatani program prioritas pembangunan dengan masyarakat.

“Misalnya penghulu bisa menekankan soal penanganan stunting ke calon pengantin. Kemudian penyuluh agama tentu saja harus terus intens mendorong moderasi beragama,” tuturnya

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Pengumuman! 850.000 PNS Pensiun Dalam Waktu Dekat


(mij/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *