Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto, melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden China Xi Jinping di Balai Agung Rakyat Beijing pada Senin (1/4/2024).

Dalam pertemuan bilateral ini, Prabowo berharap dapat terus mengimplementasikan secara progresif terkait rencana penguatan kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan China.

“Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang China adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata Prabowo, mengutip keterangan dari Biro Humas Setjen Kementerian Hukum (Kemhan) RI.

“Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antar matra,” tambahnya.

Di sisi lain, Xi menyatakan komitmen China untuk meningkatkan kerja sama strategis komprehensif dengan Indonesia. Hal ini menunjukkan keinginan China untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk pertahanan, ekonomi, dan keamanan.

Xi juga menegaskan bahwa China siap untuk memberikan kontribusi positif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional serta global. Ia pun menekankan pentingnya kerja sama antara China dan Indonesia dalam menjaga keamanan maritim di wilayah Asia Tenggara.

Tidak hanya itu, China juga menyatakan kesiapannya untuk memperdalam kerja sama maritim dengan Indonesia, sebagai langkah untuk memperkuat hubungan kedua negara di bidang kelautan.

China juga berkomitmen untuk membantu negara-negara Asean dalam upaya pengentasan kemiskinan, menunjukkan peran aktif China dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo sempat menyampaikan salam hangat dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada Xi

“Saya ingin menyampaikan apresiasi atas sambutan yang hangat kepada saya dan delegasi. Izinkan saya juga meneruskan salam hangat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” ujar Prabowo.

Prabowo dijadwalkan mengunjungi China dari 31 Maret hingga 2 April. Setelahnya ia akan mengunjungi Jepang pada 2 hingga 3 April mendatang. Ini merupakan perjalanan bilateral pertama Prabowo sejak resmi memenangkan pemilihan presiden (pilpres) pada Februari lalu.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Terungkap Isi Surat Resmi Xi Jinping ke Prabowo, Beri Selamat dan….


(luc/luc)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *