Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyebut harga bawang putih saat ini seharusnya tidak naik. Karena itu, dengan tegas dia memperingati para importir untuk tidak bermain-main dengan komoditas bawang putih.

“Nggak masuk akal kalau (harganya) naik. Tolong para importir bawang putih jangan permainkan harga,” kata Amran saat ditemui wartawan di Komplek Pergudangan Bulog, Jakarta Utara, Senin (1/4/2024).

Ia pun dengan tegas mengingatkan kepada para importir untuk tidak bermain-main dengan harga bawang putih, sebab Satgas Pangan akan terus memeriksa, jika ada pihak yang ketahuan memainkan harga bawang putih.

“Tolong jangan ada main-main seperti tahun-tahun sebelumnya. Nanti kami cek, ada Satgas Pangan,” tegasnya.

Sebelumnya, Deputi III Bidang Perekonomian Kantor Staf Presiden (KSP) Edy Priyono memperingatkan importir bawang putih yang telah memiliki izin mengimpor bawang putih tahun ini namun tak melaksanakannya sesuai ketentuan. Hal itu disampaikan merespons realisasi pemasukan bawang impor yang sampai saat ini baru 50,7 ribu ton dari total volume persetujuan impor sebanyak 214 ribu ton.




Harga bawang putih makin mahal di Jakarta, tembus Rp 50.000/kg. (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)Foto: Harga bawang putih makin mahal di Jakarta, tembus Rp 50.000/kg. (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)
Harga bawang putih makin mahal di Jakarta, tembus Rp 50.000/kg. (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)

Dia pun mengancam pemilik izin tersebut bisa masuk daftar hitam atau black list pemerintah.

“Nah ini kita perlu tanya dan kita sudah minta kepada Kementerian Perdagangan, sudah ditindaklanjuti juga. Jadi sudah dikumpulkan para importir dan didorong untuk segera merealisasikan persetujuan impor tersebut. Dalam arti kalau sudah mendapatkan izin ya diimpor, kalau sudah diimpor ya didistribusikan,” kata Edy dalam Profit CNBC Indonesia, dikutip Kamis (28/3/2024).

“Kalau realisasi impor itu kan sesuatu yang di tangan kita, jadi persetujuan impor yang sudah keluar ya harus direalisasikan. kalau perlu perusahaan yang sudah memegang izin persetujuan impor tapi nggak direalisasikan ya diberi sanksi, jadi nanti nggak bisa lagi dia untuk impor. Juga yang selalu kita ingatkan, barang yang sudah diimpor itu didistribusikan atau tidak? Jangan-jangan ditahan di gudang dan sebagainya,” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Simsalabim! Mentan Mau Sulap 1 Juta Hektare Rawa Jadi Sawah


(wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *