Jakarta, CNBC Indonesia – Musim mudik Lebaran sebentar lagi tiba. Momen ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk bepergian.

Khususnya di Pulau Sumatera, kini pemudik sudah bisa bepergian antarkota menggunakan Jalan Tol Trans-Sumatera. Meskipun ruas tol yang menjadi koridor utama belum tersambung sepenuhnya, masyarakat bisa memanfaatkan sejumlah ruas yang telah beroperasi.

Misalnya saja hendak bepergian dari Lampung menuju Medan atau bahkan hingga ujung Provinsi Sumatera Utara, yakni sekitar Medan hingga Binjai. Untuk menempuh perjalanan dari Lampung menuju Medan, pemudik bisa melintasi sejumlah ruas Tol Trans Sumatera untuk lebih mempersingkat waktu daripada hanya melewati jalan nasional.

Ada juga beberapa ruas tol yang dibuka fungsional alias gratis. Akan tetapi, Anda tentu harus menyiapkan saldo uang elektronik (e-toll) agar perjalanan lebih lancar dan nyaman. Merujuk dari data PT Hutama Karya (Persero), berikut rincian tarif tol kendaraan golongan I untuk rute Lampung-Medan:

Ruas Tol Trans Sumatera. (Dok. Hutama Karya)Foto: Ruas Tol Trans Sumatera. (Dok. Hutama Karya)
Ruas Tol Trans Sumatera. (Dok. Hutama Karya)
  • Tol Bakauheni-Terbanggi Besar: Rp 189.500
  • Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung: Rp 170.500
  • Tol Kayu Agung-Kramasan (Palembang): Rp 50.000
  • Tol Pekanbaru-Dumai: Rp 171.500
  • Tol Tebing Tinggi-Medan: Rp 60.000
  • Tol Medan-Binjai: Rp 26.500

Sebagai catatan, dari Palembang, pemudik bisa menggunakan Tol Fungsional Kayuagung-Palembang-Betung Seksi 3 IC Musi Landas-Desa Sukamulya (21,2 km) secara gratis. Kemudian pemudik kembali bergabung ke Jalan Lintas Sumatera menuju Jambi hingga Pekanbaru. Dari Pekanbaru, pemudik bisa kembali naik Tol Pekanbaru-Dumai. Dari Dumai menuju Tebing Tinggi pemudik masih akan melewat Lintas Sumatera.

Tol Gratis:

  • Tol Kayuagung-Palembang-Betung Seksi 3 IC Musi Landas-Desa Sukamulya (21,2 km)
  • Tol Indrapura-Kisaran seksi 2 Limapuluh-Kisaran (32 km) (menuju Sibolga)

Dengan demikian, estimasi saldo e-toll yang harus pemudik siapkan untuk mudik dari Lampung-Medan atau Binjai sebesar Rp 668.000. Adapun biaya tol tersebut berlaku untuk golongan I meliputi sedan, jip, pikap, truk kecil, dan bus yang merupakan tarif paling rendah.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Mantap! Tol Trans Sumatera Siap Beroperasi untuk Nataru


(wur/wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *